15 Januari 2011

Pemerintah India Hancurkan Sebuah Masjid di New Delhi

Otoritas pembangunan perumahan India telah menghancurkan sebuah masjid di sebidang tanah di ibukota, sehingga memicu bentrokan dengan polisi yang menyebabkan setidaknya 15 pengunjuk rasa terluka.

Delhi Development Authority (DDA) meratakan Masjid Noor yang terletak di daerah Jangpura di ibukota India, New Delhi, pada hari Kamis lalu setelah mengklaim bahwa masjid, yang berdiri di sana selama lebih dari 200 tahun, dibangun di daerah perencanaan DDA, surat kabar India Express melaporkan pada hari Sabtu ini (15/1).

Pembongkaran tersebut menyebabkan gelombang protes dan mengakibatkan setidaknya 15 orang terluka dan kerusakan terhadap beberapa kendaraan pribadi yang ada di daerah tersebut.

Kerusuhan pecah setelah polisi India menembakkan gas air mata kearah warga yang marah, banyak dari mereka membantah klaim pejabat DDA tentang "ilegalitas" dari struktur bangunan masjid tersebut, menyatakan bahwa masjid berdiri di tanah Wakaf di daerah Maharashtra New Delhi.

"Struktur bangunan masjid ini merupakan Wakaf dan telah ada selama lebih dari 200 tahun," kata Shoaib Iqbal dari Partai Janshakti Lok.

Pengunjuk rasa berjalan ke kantor polisi Hazrat Nizamuddin mengatakan bisa tidak lagi melasanakan ibadah shalat mereka di masjid itu, namun polisi menghadapi para pengunjuk rasa dengan kekuatan.

Pada hari Sabtu ini, Ketua Menteri Delhi Sheila Dikshit menyalahkan DDA karena berperilaku "dengan cara yang tidak adil" dengan meratakan struktur suci masjid.(fq/prtv)

Sumber: eramuslim

0 komentar:

Posting Komentar