04 Februari 2011

Duh...Lima Desa Terjangkit Flu Burung

Flu burung, ilustrasi
REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI - Lima desa tersebar di dua kecamatan di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi yang terjangkit flu burung (H5N1) diisolasi, supaya tidak meluas dan menyebar ke daerah lainnya. "Isolasi dilakukan dalam bentuk pelarangan ternak unggas yang berasal dari lima desa tersebut untuk dibawa ataupun diperjualbelikan ke desa lain," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Kabupaten Kerinci, Ariyan, ketika dihubungi Jumat.

Ke lima desa itu meliputi, Desa Sleman di Kecamatan Danau Kerinci, serta Desa Sebukar, Semerah, Tanjung Muda, Koto Baru Hiang dan Pendung Tengah di Kecamatan Sitinjau Laut.
Ia menyebutkan, kematian ayam di lima desa itu kini terus terjadi, kendati jumlahnya tidak sebanyak kejadian sebelumnya yang mencapai 4.164 ekor.

Tingkat kematian, kendati menurun atau tidak dalam jumlah massal, namun tiap hari ada saja ternak ayam yang mati.
Dinas Peternakan Kabupaten Kerinci bekerja sama dengan berbagai instansi terkait kini terus berupaya keras melakukan pencegahan lewat pembinaan pada warga dan melakukan penyemprotan.

Ayam yang mati itu meliputi ayam potong, ayam petelur dan ayam kampung, yang mati mendadak secara masal sejak sepekan terakhir.

Dua Kecamatan dan lima desa yang terserang wabah flu burung itu kini menjadi perhatian serius Dinas Peternakan setempat melakukan pembinaan pada warganya supaya memusnahkan ayam yang teridentifikasi terular penyakit berbahaya tersebut.

Kini sudah banyak warga yang menyadari bahaya penyakit tersebut, dan sudah mau memusnahkan ayamnya yang terjangkit dengan mengubur serta membakarnya lebih dulu.

Red: Siwi Tri Puji Br
Sumber: Antara
Re-post from: republika.co.id

0 komentar:

Posting Komentar