29 Januari 2011

Sekjen PBB Desak Mubarak Dengarkan Aspirasi Rakyat Mesir

foto: reuters
Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Jakarta - Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, mendesak pemerintah Mesir mendengarkan keinginan rakyat mereka. Ia menyarankan pemerintah Mesir mencari solusi menenangkan demonstran yang mulai brutal.

Seperti dikutip detikcom dari CNN, Ban mengkhawatirkan potensi kekerasan terhadap demonstrasi di Mesir. Ia pun mendesak pemimpin Mesir untuk bertindak bertanggungjawab.

"Pemimpin memiliki tanggung jawab untuk mendengarkan dan memperhatikan keinginan rakyat mereka sendiri," katanya Ban, seperti dikutip detikcom dari CNN, Sabtu (29/1/2011).

Ban juga meminta pemerintah Mesir memberikan pekerjaan yang layak bagi rakyat Mesir. Ia juga mendesak masyarakat diberikan haknya dalam bidang sosial politik.

"Saya telah mendesak pihak berwenang, pertama-tama, bahwa kebebasan berekspresi, kebebasan berserikat harus sepenuhnya dihormati, dan mereka juga harus melindungi hak asasi dari orang-orang," paparnya.

Ban berharap para pemimpin di Mesir cermat melihat situasi. Sehingga tidak menimbulkan efek demonstrasi yang tidak diharapkan.

"Sebagai kesempatan untuk memperhatikan keinginan masyarakat mereka sendiri, dan menyerukan pada mereka untuk mempertahankan demokrasi dan memulihkan perdamaian dan stabilitas," tegasnya.

(van/van)
Sumber: detiknews.com

0 komentar:

Posting Komentar