04 Januari 2011

Menko Kesra: Bencana Alam Masih Bayangi Indonesia di Tahun 2011

Lia Harahap - detikNews
Jakarta - Sepanjang Tahun 2010, catatan bencana alam di Indonesia cukup memperihatinkan. Di tahun 2011 ini, ternyata hal itu belum jauh berbeda. Diprediksi bencana alam masih membayangi Indonesia.

"Sejumlah prediksi, bencana hidrometeorologi (akibat perubahan iklim) yang tetap mengancam," tulis Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, dalam siaran pers yang diterima detikcom, Senin (3/1/2011).

Agung mengatakan, prediksi bencana alam ini akibat terjadinya perubahan iklim global di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Dikatakan Agung, musibah banjir yang terjadi di Australia dan Amerika Serikat menjadi bukti dampak perubahan iklim tersebut.

Agung juga menambahkan, sepanjang tahun 2011, diperkirakan cuaca buruk akan melanda sebagian besar kawasan di Indonesia. Bahkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) serta lembaga meteorologi sejumlah negara, menyebutkan puncak bencana hidrometeorologi akan terjadi tahun ini.

"Curah hujan Indonesia pada Januari hingga Maret di atas normal," imbuh Agung.

Tak hanya curah hujan yang meningkat sepanjang Januari-Maret, menurut informasi yang dia dapatkan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), satu dari tiga desa di Indonesia rawan bencana.

"Dari 497 kabupaten/kota, 176 kabupaten/kota berisiko tinggi banjir, 154 kabupaten/kota berisiko tinggi longsor, dan 153 kabupaten/kota berisiko tinggi kekeringan," beber politisi Partai Golkar ini.

Dengan adanya prediksi ini diharapkan masyarakat bisa lebih waspada. Agung juga berjanji pemerintah juga tidak akan lengah.

"Oleh sebab itu, pemerintah dengan segala kemampuan mengajak masyarakat bersinergi saat menghadapi bencana. Kita senantiasa mendorong institusi yang menangani masalah kebencanaan siap menghadapi dan mengantisipasi berbagai kemungkinan. Demikian pula di bidang anggaran agar DPR dan DPRD bisa memberi dukungan" tegasnya.
(lia/irw)

Sumber: detiknews

0 komentar:

Posting Komentar