10 Januari 2011

Masyarakat Eropa Dan AS Makin Pesimis Kondisi Ekonomi Mereka

Masyarakat yang tinggal di negara-negara Eropa danAS ternyata semakin pesimis tentang kondisi ekonomi mereka. Demikian laporan dari jajak pendapat yang dilakukan oleh Gallup.

Jajak pendapat Gallup ini dilakukan dengan melibatkan lebih dari 63.000 orang di 53 negara, dan menunjukkan bahwa 61 persen orang Prancis memprediksi bahwa tahun 2011 akan menjadi "tahun ekonomi yang sulit," France24.com dari Issy-les-Moulineaux dan The Times of London melaporkan Selasa .

Setelah Prancis, adalah orang Inggris, sekitar 52 persen, Spanyol dengan jumlah 48 persen dan Italia pada kisaran angka 41 persen, yang juga tak yakin dengan kondisi ekonomi negaranya.

Sedangkan negara-negara berkembang ternyata lebih optimistis melihat ekonomi mereka. Di Brazil, Cina dan India, 49 persen rakyatnya mengatakan bahwa 2011 akan menjadi tahun yang makmur, dan 14 persen mengatakan tidak akan menemui kesulitan.

Yang mengejutkan ternyata Times melaporkan bahwa orang Nigeria dan bahkan Afghanistan lebih optimis daripada rakyat Amerika memandang ekonomi mereka.

Jajak pendapat ini dilakukan dari 11 Oktober sampai dengan 13 Desember 2010, dengan menggunakan fasilitas wawancara online, tatap muka atau telepon. Menurut laporan, Tidak ada margin kesalahan. (sa/upi)

Sumber: eramuslim

0 komentar:

Posting Komentar