07 Januari 2011

Kasus Gayus Bisa Buat Masyarakat Frustrasi, Tak Percaya Sistem Hukum

Gagah Wijoseno - detikNews
Jakarta - Kasus Gayus Tambunan hendaknya menjadi cerminan bagi pimpinan lembaga hukum untuk melakukan perbaikan internal. Tindakan segera harus dilakukan, jangan sampai masyarakat mengalami krisis kepercayaan terhadap penegak hukum.

"Kepercayaan masyarakat merupakan hal krusial dalam berjalannya sistem hukum. Masyarakat bila sudah tidak percaya bisa menjadi frustrasi dan yang dikhawatirkan mereka mengambil tindakannya sendiri," kata Guru Besar Hukum UI, Hikmahanto Juwana di Jakarta, Jumat (7/1/2011).

Saat ini saja, lanjut Hikmahanto, kepercayaan masyarakat terhadap lembaga yang memiliki kewenangan hukum, tengah mengalami penurunan yang sangat drastis.

"Terutama sejak terungkap kiprah Gayus dengan kekuatan uangnya. Sejumlah institusi telah terimbas atas perbuatan oknum staf dan pejabat yang melakukan penyelewengan jabatan atau kewenangan yang dimiliki," jelasnya.

Untuk itu, menghadapi permasalahan penyelewengan jabatan mulai dari tingkat yang rendah hingga tertinggi yang dihadapi berbagai institusi yang memiliki kewenangan, seperti pengadilan, kejaksaan, keimigrasian, perpajakan, kepolisian, ada baiknya para pimpinan lembaga meniru apa yang dilakukan oleh Ketua MK Mahfud MD terkait dugaan suap dan Jaksa Agung Basrief Arief terkait dengan pertukaran napi.

"Dua pejabat tersebut sangat responsif terhadap penyelewengan ataupun upaya rekayasa yang dilakukan oleh anak buahnya. Upaya ini patut diapresiasi karena yang menjadi taruhan adalah kepercayaan masyrakat atas lembaga yang mereka pimpin," tutupnya.

(ndr/ken)
Sumber: detiknews

0 komentar:

Posting Komentar