29 Januari 2011

2011, Unit Cost Masuk ITB Rp 55 Juta

BANDUNG, (PRLM).- Institut Teknologi Bandung telah menetapkan satuan pembiayaan (unit cost) bagi mahasiswa baru 2011, yakni biaya pendidikan yang dibayar dimuka (BPM) sebesar Rp 55 juta dengan biaya per semester Rp 5 juta sementara untuk Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ditetapkan sebesar Rp 80 juta dengan biaya per SKS Rp 750 ribu. Standar biaya ini berlaku bagi penerimaan SNMPTN jalur undangan ataupun jalur ujian tertulis di mana tahun ini ITB menerima 100 persen melalui SNMPTN.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Charmadi Machbub yang ditemui usai memberikan sosialisasi kepada sekolah se-Bandung dan priangan di Aula Timur Institut Teknologi Bandung Jln. Ganesa mengatakan, standar biaya ini sebenarnya masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan jika dihitung jumlahnya jauh lebih kecil dari biaya rill yang mencapai Rp 108 juta atau Rp 27 juta per tahun.

“Pendidikan berkualitas dan bermutu pasti memerlukan biaya. Kalau dihitung Rp 55 juta di awal dan Rp 5 juta per semester sampai dia lulus belum bisa menutupi kebutuhan biaya pendidikan yang sebenarnya. Itu hanya Rp 95 juta, sementara biaya pendidikan di ITB minimal Rp 108 juta,” ungkapnya.

Kendati demikian, Charmadi menjamin bagi mahasiswa yang tidak mampu akan memperoleh kemudahan dan memiliki kesempatan untuk menerima subsidi atau bahkan pembebasan seluruhnya hingga biaya hidup. Sebab sesuai aturan setidaknya 20 persen mahasiswa harus dibebaskan dan mendapat keringanan.

Tahun ini, ITB akan menerima sekitar 3200 mahasiswa. Dari jumlah tersebut sekitar 600 mahasiswa akan dibebaskan dan mendapatkan keringanan biaya. “Bisa 25 persen, 50 persen, 75 persen, hingga 100 persen plus ditanggung juga biaya hidupnya selama kuliah,” ungkapnya. (A-157/das)***

Sumber: Pikiran Rakyat Online

0 komentar:

Posting Komentar