18 Desember 2010

13 Jamaah Wafat di Pesawat

Laporan dari Arab Saudi
Iin Yumiyanti - detikNews

Madinah - Sebanyak 13 jamaah haji Indonesia dilaporkan wafat di pesawat dalam penerbangan pulang ke tanah air. Dokter diminta melakukan pemeriksaan ketat sebelum jamaah pulang.

"Saya mendapat laporan saat tiba di debarkasi ada 13 jamaah yang wafat di pesawat," kata Wakil Kepala Daerah Kerja (Wadaker) Bidang Kesehatan Madinah dr Mawari Edy.

Hal itu disampaikan Edy , saat ditemui wartawan di Kantor Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Madinah, Jumat (17/12/2010).

Edy mengingatkan kepada dokter kloter untuk benar-benar melakukan pemeriksaan kesehataan yang ketat terhadap jamaah. Edy mengharap angka kematian jamaah bisa ditekan.

Maka itu dokter kloter diimbau minimal tiga kali dalam seminggu bertemu dengan jamaah. Setelah mendekati kepulangan, dokter kloter harus makin ketat memeriksa jamaah.

"Jangan sampai teman-teman kesehatan di kloter menyumbang angka kematian jamaah di pesawat," kata Edy.

Saat ini angka kematian jamaah Indonesia di tanah suci sudah melebihi angka 400 jamaah. Jumlah ini lebih besar dibandingkan tahun lalu 362 jamaah. Namun juga perlu diketahui, jumlah jamaah haji tahun 2010 ini juga meningkat dibanding tahun sebelumnya.

(iy/her)

Sumber: detiknews

0 komentar:

Posting Komentar