01 Februari 2011

Pemerintah Janji Harga Beras Turun di Februari

Suhendra - detikFinance
Jakarta - Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu memperkirakan harga beras di dalam negeri akan berangsur turun pada bulan ini. Hal ini terkait mulai adanya panen di beberapa wilayah di Indonesia.

"Saya pantau hari per hari, minggu per minggu per. Minggu terakhir sudah turun. Jadi itu kita perkirakan di bulan Februari harusnya harga beras turun," kata Mari di kantornya, Jakarta, Selasa (1/2/2011).

Mari menambahkan, selain faktor panen sudah terjadi di bulan Februari. Pada bulan ini juga stok Bulog sudah akan tercapai 1,5 juta ton dengan menutup pengadaan dari impor beras.

"Di Februari kita harapkan berita baik harga beras akan mulai turun," katanya.

Menurut Mari, pemerintah begitu konsentrasi menjaga harga beras karena dari konsumsi, komoditas beras banyak dikonsumsi terutama oleh masyarakat berpendapatan rendah.

"Kalau toh masih ada harga yang tinggi OP (operasi pasar) tetap akan dilakukan Bulog," katanya.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan 1 Februari 2011 harga beras medium rata-rata nasional mencapai Rp 7.488 per kg, harga beras medium turun Rp 6 per kg jika dibandingkan dengan harga rata-rata minggu keempat Januari 2011.

Harga beras medium tertinggi terjadi di Pekanbaru Rp 13.500 per kg sementara terendah di Kendari dan Mataram hanya Rp 5.700 per kg.

(hen/dnl)
Re-post from: detikfinance.com

0 komentar:

Posting Komentar