02 Januari 2011

Mesir Halangi Aktivis Iran Masuki Gaza

Kairo, (tvOne)

Mesir memutuskan untuk melarang para aktivis Iran memasuki Jalur Gaza melalui perbatasan Rafah bersama satu konvoi bantuan Asia. Konvoi "Asia 1" terdiri atas 120 aktivis dari 18 negara Asia akan tiba dari pelabuhan Al Ladhiqiyah, Suriah dalam perjalanan ke pelabuhan Arish di kota Arish, 40 km perbatasan Rafah Mesir dengan Gaza, Sabtu (1/1).

Konvoi itu diizinkan untuk mengangkut 300 ton obat-obatan, termasuk empat ambulans, untuk warga Palestina di Gaza melalui perbatasan Rafah. Sumber-sumber keamanan Mesir mengatakan para aktivis Iran ditolak masuk karena alasan-alasan keamanan dan organisasi, tanpa merinci lebih jauh. Tidak diketahui berapa jumlah aktivis Iran yang ingin ikut konvoi itu.

Kawat-kawat dplomaik Amerika Serikat yang disiarkan di laman internet WikiLeaks menunjukkan Mesir hati-hati terhadap pengaruh Iran yang meluas di kawasan itu.

Satu kawat yang mengutip pernyataan kepala intelijen Mesir Omar Suleiman mengungkapkan, Iran memberikan bantuan kepada Hamas US$ 25 juta sebulan, tetapi Mesir melarang bantuan keuangan itu memasuki Gaza. Iran mengatakan dukungannya pada Hamas adalah dukungan diplomatik. (Ant)

Sumber: tvone.co.id

0 komentar:

Posting Komentar