14 Januari 2011

Diterjang Lahar Dingin, Listrik 700 Rumah Warga di Magelang Padam

Parwito - detikNews
Magelang - Akibat musibah lahar dingin yang menerjang lima dusun di Desa Sirahan sekitar bantaran Kali Putih, Magelang, Jawa Tengah, jaringan listrik putus. Akibatnya sebanyak 700 rumah warga masih dalam kondisi gelap gulita.


Kelima dusun yang mengalami kerusakan itu adalah Dusun Salakan, Dusun Jetis, Dusun Glagah, Dusun Sirahan dan Dusun Gemampang. Hal ini disampaikan Supervisor Teknik PT PLN UPJ Borobudur, Bambang Cahyono kepada detikcom di sela-sela perbaikan instalasi jaringan listrik PT. PLN, Jumat(14/01/2011).

Bambang mengatakan, pihaknya menderita kerugian cukup parah akibat terjangan banjir lahar dingin. Jaringan listrik sepanjang 500 meter rusak parah.

"Selain itu, satu trafo mengalami kerusakan cukup parah setelah diterjang banjir lahar Minggu malam kemarin," tegas Bambang.

Bambang menegaskan, akibat musibah ini, sebanyak 700 pelanggan PLN di lima dusun itu terpaksa menggunakan lampu minyak tanah dan sebagian genset.

"Di Desa Sirahan ada sebanyak 15 trafo. Jika setiap satu trafo melayani sekitar 50 pelanggan maka paling tidak ada 700 pelanggan yang harus bergelap gulita," papar Bambang.

Hingga kini, pihaknya masih melakukan penghitungan mengingat luasnya cakupan wilayah bencana seusai banjir lahar dingin. Bambang menambahkan PT PLN terpaksa merelokasi sejumlah jaringan untuk pelanggan Desa Sirahan dan Desa Blongkeng, Kecamatan Ngluwar. Jika sebelumnya, pasokan listrik diambilkan dari Desa Gulon, Salam maka kini diambilkan dari Desa Plosogede, Kecamatan Ngluwar.

"Arah pasokan listrik kita balik untuk menghindari banjir lahar. Sebenarnya bisa saja tetap kita perbaiki jaringan di Sirahan namun nanti bisa rusak lagi jika terkena banjir lahar," lanjutnya.

Untuk pembangunan jaringan listrik baru ini, PT PLN harus merogoh anggaran cukup besar. Pasalnya, PLN harus mengganti tiang dan kabel listrik baru serta trafo.

Bambang mengatakan pelanggan di Kecamatan Ngluwar, Salam, Srumbung dan sebagian Muntilan sudah bisa menikmati layanan listrik paska jaringan yang rusak diperbaiki.

"Untuk pelanggan di tiga dusun terparah yang terkena dampak bencana yakni Sirahan, dan Glagah, Desa Sirahan dan Dusun Gempol, Desa Salam, PT PLN masih akan menunggu kondisi lingkungan. Ketiga dusun tersebut akan diperbaiki setelah banjir lahar dingin mereda," tegas Bambang.
(mok/mok)

Sumber: detiknews

0 komentar:

Posting Komentar