31 Januari 2011

Masjid Al-Awwabin Diduga Akan Dibuat Tempat Hiburan dan Bisnis

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Jakarta - Warga Mangga Besar, Jakarta Barat, menolak penggusuran Masjid Al-Awwabin yang diduga akan disulap menjadi tempat hiburan dan bisnis. Warga juga mempertanyakan keaslian sertifikat lahan milik Zubaidah yang mengaku sebagai pemilik lahan.

"Rencananya masjidnya akan digusur dan akan digantikan untuk tempat hiburan dan bisnis," kata Ketua RW 04 Mangga Besar, Awi kepada detikcom di Jl Mangga Besar I, Jakarta Pusat, Senin (31/1/2011).

Awi menceritakan, masjid Al Awwabin merupakan masjid pertama yang berada di wilayah Mangga Besar, Jakarta Pusat. "Kalau ditaksir umurnya sudah mencapai 100 tahun mulai dari bangunan kecil hingga sekarang telah berlantai dua," ujarnya.

Menurut Awi, isu penggusuran masjid tersebut sudah beredar luas di masyarakat sejak setahun yang lalu. Seorang warga bernama Zubaidah mengaku sebagai pemilik lahan seluas 400 meter persegi tersebut.

"Masalahnya adalah tahun kepemilikan lahan pada sertifikat tanah Zubaidah masih sangat muda dibandingkan umur masjid sendiri," papar dia.

Awi menegaskan, seluruh warga Mangga Besar menolak niat keinginan Zubaidah untuk menggusur Masjid Al-Awwabin dan akan berjuang melawan keinginan Zubaidah tersebut.

"Masjid ini punya nilai historis bagi semua warga. Meskipun saya warga keturunan, saya sangat menolak jika ada penggusuran rumah ibadah," kata Awi.

Awi meminta ada upaya-upaya dari pemerintah setempat untuk bisa membantu agar keberadaan masjid Al-Awwabin tetap ada dan tidak digusur. "Jangan sampai masjid ini digusur karena kita tidak rela," tuturnya.

Berdasarkan pantuan detikcom, masjid Al-Awwabin terletak 1 Km dari Jalan Mangga Besar Raya, Jakarta Pusat, atau tepatnya di Jl Mangga Besar I. Masjid ini berdiri di lahan seluas 400 meter persegi dengan dua lantai.

Dinding masjid berwarna putih dengan lantai yang sudah terbuat dari keramik putih. Lantai satu dipergunakan untuk salat dan lantai dua pada sore hari dipergunakan untuk pengajian anak-anak kecil. (fiq/aan)

Sumber: detiknews.com

0 komentar:

Posting Komentar