12 Desember 2010

SMPN 1 Garut Dipromosikan Ke Adelaide Australia

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMPN 1 Garut, eksistensinya dipromosikan di “Adelaide”, salah-satu kota Besar di Australia, oleh seorang gurunya, Nandar Sukandar, M.Pd saat mengikuti desiminasi pelatihan di Negeri Kangguru itu.

Selama sebulan terakhir, pada setiap celah terdapat peluang mempromosikan pendidikan SMPN 1 Garut, serta menjalin hubungan guna meyakinkan Departemen Pendidikan Australia, bahwa SMPN 1 Garut layak diikutsertakan program “Sister City”, katanya kepada Garut News, Sabtu.

Nandang Sukandar juga menyempatkan bisa mengajar siswa SMP di Adelaide, bersuasana kelasnya sangat sarat berbasiskan “ICT”, termasuk setiap siswa mendapat inventaris “laptop” yang disediakan pihak sekolah pada ruang kelasnya masing-masing.

SMPN 1 Garut, juga mempromosikan seni angklung, pencak silat serta tari jaipong, Australia memiliki luas wilayah 7.656.848 km2, yang pada 1979 lalu hanya berpenduduk 14,365 juta tersebar pada enam Negara Bagian, dihuni suku bangsa Inggris dan penduduk pribumi (Aborigin).

Australia pernah selama lima puluh tahun menjadi jajahan Inggris, merupakan koloni dan tempat pembuangan orang hukuman serta orang yang tidak disukai Pemerintah Inggris.

Hubungan bilateral dengan RI, Tingkat Kedutaan Besar, perjanjian perdagangan dengan RI di tandatangani di Canberra 14 Nopember 1972, persetujuan kebudayaan dengan RI ditandatangani 14 Juni 1968, Australia anggota IGGI, ANZUS, TREATY, COLOMBO PLAN dan PBB.

Sumber: garutkab.go.id

0 komentar:

Posting Komentar