08 Februari 2011

Serangan Hiu Meningkat di Seluruh Dunia

TALLAHASSEE, (PRLM).- Jumlah laporan serangan ikan hiu pada tahun lalu telah meningkat di seluruh dunia, namun ada penurunan di Florida, demikian hasil laporan tahunan International Shark Attack File yang dikeluarkan Universitas Florida, Selasa (8/2).

Menurut pakar ikan dari Universitas Florida, George Burgess, Florida biasanya memiliki jumlah tertinggi serangan hiu di seluruh dunia, tapi pada 2010 terjadi penurunan. Di AS, Florida memimpin dengan 13 serangan yang dilaporkan, tapi total secara signifikan lebih rendah dari rata-rata tahunan (23) selama dekade terakhir. "Mungkin itu adalah refleksi dari penurunan ekonomi dan jumlah wisatawan yang datang ke Florida," ujar Burgess seperti dikutip "Physorg".

Di seluruh dunia, tercatat 79 serangan ikan hiu terjadi pada tahun 2010, ini merupakan jumlah tertinggi sejak 2000 sebanyak 80 kali serangan, tetapi total global enam kematian hanya sedikit di atas rata-rata, kata Burgess. Serangan di seluruh dunia sejumlah 63 pada 2009, mendekati rata-rata tahunan selama dekade terakhir yaitu 63,5.

AS memimpin dunia dalam hal serangan hiu diikuti oleh Australia (14), Afrika Selatan (8), Vietnam (6) dan Mesir (6). Kejadian yang tidak biasa terjadi di lepas pantai Mesir pada awal Desember dengan lima kali serangan, termasuk satu kematian. (Aya/A-147)***

Re-post from: Pikiran Rakyat Online

0 komentar:

Posting Komentar