05 Februari 2011

El Baradei: Saya Pengantar Perubahan, tak Mencalonkan Presiden

ElBaradei
REPUBLIKA.CO.ID,WINA--Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Mohamed ElBaradei menyatakan, ia tidak akan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Mesir yang akan datang, demikian disiarkan sebuah surat kabar Austria, Jumat.

ElBaradei juga dikutip surat kabar Der Standard mengatakan, Presiden Hosni Mubarak harus mengundurkan diri segera, namun ia harus bisa melakukan hal itu secara terhormat.

"Tidak, saya tidak akan ikut. Hal terbaik yang bisa saya lakukan adalah bertindak sebagai pengantar bagi perubahan," katanya, ketika ditanya mengenai apakah ia akan mengambil bagian dalam pemilihan presiden.

"Saya ingin memainkan peran di masa datang, namun siapa yang akan mencalonkan diri dalam pemilihan, itu merupakan hal yang sungguh tidak penting saat ini," katanya.

ElBaradei, yang juga mantan ketua Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA), adalah tokoh oposisi Mesir yang menawarkan diri menjadi pemimpin masa transisi yang mempersiapkan pemilihan demokratis di negara itu, di tengah protes massal yang menuntut pengunduran diri Mubarak.

Red: Krisman Purwoko
Sumber: antara/reuters
Re-post from: republika.co.id

0 komentar:

Posting Komentar