04 Desember 2010

Citanduy Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

TASIKMALAYA, (PRLM).- Sekitar 300 rumah di Desa Tanjungsari, Kec. Sukaresik, Kab. Tasikmalaya terendam banjir, akibat Sungai Citanduy dan Cikidang kembali meluap, Sabtu (4/12). Sekitar pukul 10.00 pagi, ketinggian air masih setinggi 1,5 meter, dan rumah-rumah warga masih terendam. Sekitar 596 kepala keluarga (KK) masih bekerja keras melakukan evakuasi dengan bantuan relawan untuk menyelamatkan diri, termasuk menyelamatkan sebagian barang-barang mereka.

Menurut Camat Sukaresik, Iing Faridz Khozin, Sabtu (4/12), banjir tersebut disebabkan tingginya curah hujan yang turun sejak siang kemarin. Akibatnya, dua sungai yang mengalir di sana yakni Sungai Citanduy dan Cikidang kembali meluap.

Luapan air sungai yang cukup deras membuat warga kaget sehingga mereka yang berada di bantaran kedua sungai tidak sempat untuk menyelamatkan barang-barangnya. “Kejadiannya tadi malam sangat cepat. Ini kejadian yang ke tiga belas selama tahun ini, tapi ini yang terbesar,” kata Iing menirukan ucapan warganya.

Akibat menyempitnya saluran pertemuan kedua arus sungai itu diduga menjadi penyebab kembali meluapnya kedua sungai itu. Iing mengharapkan, ke depannya pemerintah serta balai besar Wilayah Citanduy untuk membuat sodetan yang cukup besar sehingga alirah air sungai lebih normal.

Empat kampung yakni Hegarsari, Mekarsari, Bojong Soban dan Cicalung, yang berada di Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaresik masih terendam banjir. Namun beruntung dalam musibah itu tidak menimbulkan korban jiwa dari penduduk. “Hingga kini laporan warga tidak ada yang hilang anggota keluarganya," jelas Ketua Taruna Siagan Bencana Tasikmalaya, Ida Djuanda.

Sementara itu, warga baru mendapatkan bantuan nasi bungkus yang diantar relawan, sedangkan kebutuhan lainnya seperti obat-obatan, pakaian hingga perahu karet yang sangat dibutuhkan warga belum ada.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, paska terjadinya longsor dan banjir bandang itu sekitar lima rumah warga ditemukan rusak parah, sedangkan 15 rumah lainnya kondisinya terancam dengan kondisi memprihatinkan. Pihak desa langsung melakukan langkah koordinasi dengan pihak Pemkab Tasikmalaya untuk minta bantuan. (A-14/das)***

Sumber: www.pikiran-rakyat.com

0 komentar:

Posting Komentar